Penyebab perilaku menyimpang..

Faktor-faktor penyebab timbulnya perilaku menyimpang yaitu:

1.    Perbedaan status ( kesenjangan ) social antara si kaya dan si miskin yang sangat mencolok mengakibatkan  timbulnya rasa iri dan dengki sehingga terjadilah tindak korupsi, manipulasi, dan kolusi..

2.    Banyaknya pemuda putus sekolah ( drop out) dan pengangguran. Mereka tidak mempunyai keahlian tidak mungkin bisa bekerja di perkantoran, padahal merekamembutuhkan sandang , pangan, papan dan tempat tinggal. Akhirnya mereka mengambil jalan pintas dengan menjadi pengamen atau pengemis jalanan..

3.    Kebutuhan ekonomi untuk seba berkecukupan, tanpa harus bersusah payah bekerja, mengakibatkan seseorang mengambil jalan pintas dengan cara mencuri, merampok, menodong dan lain-lain..

4.    Keluarga yang berantakan ( broken home ) dapat menyebabkan adanya penyimpangana social. Sebagai pelampiasan, mereka melakukan kegiatan-kegiatan yang sifatnya negative seperti berjudi, narkoba, miras, terjun ke dalam kompleks prostitusi..

5.    Pengaruh media massa seperti adanya berita dab gambar-gambar serta siaran TV yang menyajikan tentang tayangan tindak kekerasan dan kriminalitas..

Sumber : buku paket IPS SMP…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s