Bidang-bidang Akuntansi..

Bidang-bidang akuntansi yang ada pada saat ini antara lain :

1.      Akuntansi perpajakan yaitu bidang akuntansi yang bertugas menyiapkan data-data akuntansi yang berhubungan dengan penetapan besarnya pajak yang harus dibayar oleh setiap perusahaan kepada kas Negara..

2.      Akuntansi pemerintahan yaitu bidang akuntansi yang mengkhususkan kegiatannya pada pencatatan dan pelaporan transaksi unit organisasi pemerintahan, departemen-departemen pemerintah pusat dan daerah, proyek pemerintahan pusat dan daerah dan organisasi pemerintahan lainnya..

3.      Akuntansi sosial yaitu Akuntansi yang digunakan dilembaga-lembaga sosial seperti organisasi sosial, panti asuhan yang tujuan utamanya adalah sosial (social oriented )..

4.      Akuntansi pendidikan yaitu bidang akuntansi yang diajarkan dilembaga-lembaga pendidikan, baik formal maupun nonformal..

5.      Akuntansi anggaran (budgeting) yaitu bidang akuntansi yang bertugas untuk menyiapkan data-data akuntansi dan cara-cara yang baik untuk menyusun anggaran..

6.      Sistem akuntansi adalah bidang akuntansi yang mempelajari tentang cara-cara, produser, mekanisme, dan kerangka aturan yang dibutuhkan bagi berlangsungannya proses akuntansi di suatu perusahaan/organisasi..

7.      Teori akuntansi adalah bidang akuntansi yang menyediakan dasar-dasar kebenaran terhadap setiap konsep yang digunakan dalam akuntansi keuangan. Teori akuntansi merupakan belantara konsepsi persoalan akuntansi keuangan yang bersifat dinamis. Teori akuntansi akan menjadi rujukan kebenaran atas prinsip-prinsip akuntansi keuangan yang akan diberlakukan secara umum..

8.      Akuntansi keuangan yaitu bidang akuntansi yang kegiatan dan tujuan utamanya adalah menyusun laporan keuangan yang akan diberikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan..

9.      Akuntansi biaya yaitu bidang akuntansi yang kegiatan dan tujuan utamanya mengumpulkan data-data yang berhubungan dengan beban-beban yang telah dikeluarkan untuk membuat sejumlah produk..

10.  Akuntansi Manajemen yaitu bidang akuntansi yang bertugas menyediakan data-data akuntansi untuk membantu kepentingan manajemen..

11.  Akuntansi pemeriksaan ( auditing) yaitu bidang akuntansi yang bertugas memeriksa kebenaran laporan keuangan yang telah di susun oleh bagian akuntansi keuangan..

 

Sumber : buku Akuntansi…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s