Orang Saleh meninggal setelah mendengar ayat Al Qur’an…

Mansyur ibn Ammar ra berkata “ suatu hari aku singgah di kota Kufah. Ketika aku berjalan di kedelapan malam , aku mendengar tangisan memelas seorang laki-laki dari dalam sebuah rumah. Lelaki itu berkata”Ya tuhan ku, demi ke agungan dan kemuliaan-Mu, hamba tidak bermaksud mendurhakai-Mu dengan kemaksiatan-kemaksiatan hamba, tetapi hamba berbuat maksiat itu  karena ketidaktahuan hamba akan siksa-Mu.dengan tali siapa hamba berpegang teguh jika engkau memutuskan tali-Mu dari hamba? Oh betapa dosanya hamba! Tolonglah hamba ya Allah!”.

Mansyur ibn meneruskan,” ucapan lelaki itu membuatku menangis, aku pun berhenti di depan rumahnya dan membacakan ayat untuknya” Hai orang-orang yang beriman, periharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu.penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang di perintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.”(QS At-Thamrin:6). Tiba-tiba aku mendengar teriakan keras lelaki itu dan suara gaduh dalam rumahnya. Aku pun berhenti sampai suara lelaki itu terhenti, kemudian aku pergi”.

Keesokan harinya, aku datang kerumah lelaki itu. Aku mendapatkan orang itu sudah meninggal dan orang-orang sedang mengurus jenazahnya. aku melihat seorang wanita tua sedang menagis. Aku menanyakan perihal dirinya dan orang-orang menjawab bahwa dia adalah ibu si mayyit.aku mendekati wanita tua itu dan menanyakan keadaan si mayyit ketika hidup.wanita itu menjawab “Dia orang yang rajin berpuasa dan melakukan salat malam.dia senantiasa mencari rezeki yang halal dan membagi penghasilannya menjadi tiga, sepertiga untuk nafkah dirinya,sepertiga untuk menafkahiku, dan sepertiganya ia sedekahkan. Tadi malam ada seseorang yang lewat saat ia sedang membaca Al-Qur’an- ia mendengar (orang itu membaca) suatu ayat Al-Qur’an dan kemudian ia meninggal”.

 

Sumber : Muhammad Amin Al Jundi,1001 kisah teladan..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s