Bentuk – bentuk Energi …

A.   Energi Kimia

seperti tradisi sebelumnya , makanan yang kamu makan dan minuman yang kamu minum mengandung energi kimia . zat – zat kimia yang terkandung di dalam makanan dan minuman tersebut dapat menghasilkan energi kimia karena di dalam tubuh mu sebenarnya terjadi reaksi kimia yang mengubah zat – zat yang terkandung dalam makanan menjadi energi . Gas , bensin , solar , batu bara dan minyak tanah juga merupakan sumber energi kimia . jika contoh – contoh energi tersebut direaksikan , dapat menghasilkan energi .

B.    Energi Listrik

saat kamu menonton televisi dan mendengarkan radio , dari mana televisi dan radio memperoleh energi? televisi dan radio serta alat – alat elektronika lainnya memperoleh energi dari energi listrik. Pada televisi , energi listrik ini di ubah menjadi cahaya dan energi bunyi , sedangkan pada radio di ubah menjadi energi bunyi.

C.    Energi panas

Energi panas sering di sebut juga energi kalor , merupakan salah satu bentuk energi yang berasal dari partikel – partikel penyusun suatu benda . mengapa partikel – partikel suatu benda dapat menghasilkan energi panas ? kamu telah mengetahui bahwa setiap benda tersusun oleh partikel – partikel . jika ada sesuatu dapat membuat partikel – partikel ini bergerak benda tersebut akan smeghasilkan energi panas . kamu mungkin pernah mendengar bahwa orang dapat membuat api dari kayu kering yang digosok – gosokan . kayu – kayu kering yang saling digosokan akan menimbulkan panas yang dapat membakar bahan – bahan yang mudah terbakar .

D.   Energi bunyi

untuk mengamati energi bunyi , melakukan kegiatan sederhana berikut . peganglah sebuah mistar , kemudian getarkan mistar tersebut . kamu akan mendengar bunyi yang di hasilkan dari getaran mistar tersebut . dapatkah kamu menjelaskannya ? ketika penggaris kamu getarkan , partikel – partikel udara di sekitar mistar akan ikut bergetar , partikel – partikel inilah yang menimbulkan bunyi . dengan demikian , bunyi dapat dihasilkan oleh getaran partikel udara disekitar sumber bunyi .

E.    Energi Nuklir.

Reaksi nuklir dapat terjadi karena reaksi inti di dalam inti radioaktif. Contoh energi nuklir terjadi dalam ledakan bom atom dan reaksi inti yang terjadi di matahari. Energi nuklir dapat digunakan  sebagai energi pada Pembangkit Listik Tenaga Nuklir (PLTN). Di matahari, terjadi reaksi  inti fusi yang menghasilkan energi nuklir yang sangat besar sehingga energi ini merupakan sumber energi utama di bumi.

Sumber- sumber energi yang sering di gunakan seperti minyak bumi, gas bumi, panas bumi, dan batu bara jumlahnya terbatas dan tidak dapat diperbaharui sehingga diperlukan konservasi energi. Sumber- sumber energi  yang dapat diperbaharui seperti air, tanah, hutan,  dan matahari masih belum banyak dipergunakan sehingga dapat dijadikan energi alternative.

 

Sumber : Buku Paket IPA.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s