Prof. Mr. Muhammad Yamin

Ia lahir di sawahlunto, sumatra barat pada tanggal 23 Agustus 1903. Pada saat masih menjadi mahasiswa Rechts Hoogenschool ( sekolah kehakiman) jakarta, ia sering berpidato yang anti penjajah. Ia terus menerus berpidato dan melontarkan kritik tentang kebijakan pemerintahan kolonial Belanda.

Ia masuk organisasi Jong Sumatranen bon ( 1926 – 1928 ) sehingga menyebabkan dicabutnya beasiswa yang diberikan pemerintahan kolonial belanda kepadanya. Walaupun demikian , dengan usaha kerasanya, ia berhasil mentamatkan pendidikannya dan berhak menyandang Meester in de Rechten ( sarjana hukum) pada tahun 1932.

Ia merupakan salah satu peserta dalam kongres pemuda ke 2 pada tanggal 28 Oktober 1928di Jakarta. Ia ikut aktif dalam partindo ( partai Indonesia ) pada tahun 1932- 1938. Selain itu, ia juga anggota Volksaard ( 1938-1942) . keanggotaanya di Volksaard di jadikan sarana untuk memperjuangkan kepentingan bangsa Indonesia.

Ia juga sebagai pelopor munculnya Gerindo ( gerakan rakyat Indonesia). Selain Muhammad yamin gerindo juga dipelopori oleh pemuda radikal lainnya yaitu Tjipto mangun kusumo, A.K. Gani, dan Amir Syarifuddin.

Pada masa menjelang proklamasi, ia duduk sebagai anggota panitia persiapan kemerdekaan Indonesia (PPKI). Gagasannya tentang dasar Negara dan Undang – undang dasar ikut menyemarakan sidang – sidang  panitia tersebut.

Setelah Indonesia merdeka , ia tetap terlibat dalam berbagai forum. Seperti menjadi penasihat delegasi dalam konferensi meja bundar di Den hag ( 1949), mentri kehakiman ( 1951) , mentri pendidikan, pengajaran dan kebudayan ( 1953- 1955), ketua dewan perancang nasional ( Depernas ) , duduk dalam keanggotaaan badan legislative, dan jabatan penting lainnya.

Pahlawan yang berpikiran  cerdas dan luas serta ahli dalam bidang hukum, sejarah, dan sastra ini tutup usia pada tanggal 17 Oktober 1962. Jasadnya di semayamkan di Talawi, sawahlunto, beriringan dengan makam Usman Gelar Baginda Khatib, ayah handannya.

 

Sumber : Jejak- Jejak Pahlawan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s