Golkar & PKS Langgar Kontrak Politik Demi Pemilu 2014

Jakarta – Wakil Ketua DPR dari PDIP Pramono Anung memperhatikan dinamika politik internal koalisi pemerintahan yang memanas. Pram menilai sikap Golkar dan PKS karena mereka tak mau ‘habis’ di Pemilu 2014 nanti.

Pram mengambil contoh Golkar yang suaranya turun drastis di Pemilu 2004 dan 2009 lalu. Pram menuturkan, penurunan secara drastis suara Golkar dikarenakan Ketua Umum Golkar kala itu, Jusuf Kalla, menjadikan Golkar sebagai partai bemper kekuasaan.

“Kenapa partai koalisi seperti Golkar dan PKS berani berbeda pendapat, karena hitung-hitungan pemilu 2014. Mereka belajar pada pemilu 2004 dan 2009 ketika Golkar oleh Pak JK dijadikan bemper pemerintah dan suaranya menurun sifnifikan,” kata Pram kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (7/3/2011).

Karena itulah koalisi yang dibangun partai pemerintah menjadi tidak efektif. Sebab, anggota koalisinya punya kepentingan sendiri memperkuat akar menghadapi Pemilu 2014.

“Tidak akan efektif kalau ada pemimpin partai politik berhitung untuk Pemilu 2014. Hitung hitungannya semata-mata untuk itu,” ujar Pram.

Partai-partai koalisi yang menginginkan eksistensinya diatas semangat mensukseskan pemerintahan inilah yang kemudian menggerogoti soliditas Setgab koalisi. Karena inilah Presiden SBY mengambil langkah melakukan evaluasi koalisi.

“Karena mereka lebih memikirkan partainya sendiri,” tandasnya.

 

sumber : http://www.detiknews.com/read/2011/03/07/112126/1585855/10/golkar-pks-langgar-kontrak-politik-demi-pemilu-2014?9911032

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s