Analisa Daya Saing Rumah Makan Padang dengan Rumah Makan Lainnya

BAB  III

METODE PENELITIAN

 

3.1 Model Penelitian

Model penelitian yang di gunakan dalam analisa daya saing rumah makan padang dengan rumah makan lainnya adalah menggunakan :

  • Variable moderator adalah variable yang mempengaruhi ( memperkuat atau memperlemah ) hubungan antara variable dependen dan variable independent.

 

3.2  Data / variabel yang di gunakan :

Penelitian ini menggunakan data primer yang diambil dari kuesioner. Data tersebut berupa Data kualitatif adalah data yang dinyatakan dalam bentuk kata, kalimat sketsa dan gambar . data yang diambil dengan menggunakan daftar pertanyaan yang terdiri dari pernyataan mengenai karakteristik responden dan pertanyaan tentang variabel yang diteliti. Pertanyaan disajikan dalam bentuk pernyataan terbuka serta pernyataan dan skala untuk menyatakan respon.

Variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian adalah:

X 1 = reliability

X 2 =Assurance

X 3 = tangibles

X4 = responsiveness

 

3.3 Cara Pengambilan  Data

Pengambilan data pada penelitian ini dilakukan dengan metode survei  yaitu menggunakan kuesioner yang berisi butir-butir pertanyaan secara tertulis atau variabel yang digunakan dalam model penelitian. Penyebaran dan pengumpulan data dilakukan secara langsung dengan meminta kesediaan responden untuk mengisi kuesioner. Kuesioner yang telah disusun diberikan alternatif jawaban bagi responden untuk menjawabnya.

 

 

3.4 Sumber Data

Sumber data yang digunakan adalah  Data primer Yaitu data yang diperoleh atau dengan survei lapangan yang menggunakan semua metode pengumpulan data original. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan kuesioner untuk memperoleh data dari para responden.

3.5     Tahapan Penelitian

Berikut ini tahapan – tahapan dalam penelitian :

  1. Menyiapkan daftar kuesioner
  2. Pengambilan sampel
  3. Menyebarkan data ke responden
  4. Mengumpulkan data, berbentuk data primer (kuesioner)
  5. Pengolahan data
  6. Melakukan analisis berdasarkan data & sampel yang didapatkan.

3.6 Sampel dan Populasi

Metode penarikan sampel menggunakan sampling aksidental yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data,  maka dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel sebesar 20 orang responden.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s