Analisa Daya Saing Rumah Makan Padang dengan Rumah Makan Lainnya

BAB IV

ANALISIS DAN HASIL PENELITIAN

 

4.1  Analisis Deskriptif

Dalam melakukan penelitian ini , penulis mengumpulkan data dengan cara intervensi yang di gambarkan melalui hubungan antara populasi  dan sampel .

Populasi = menghimpun seluruh pelanggan yang berkunjung selama satu bulan.

Sampel = menghimpun 30 pelanggan yang menerima daftar pertanyaan atau kuisioner.

4.2  Analisis Kuantitatif

Uji skala Likert : pengujian yang di rancang untuk memungkinkan pelanggan menjawab dalam berbagai tingkatan pada setiap butir yang menguraikan jasa atau produk.

Dengan bobot yang di berikan :

Bobot  5 = Sangat puas

Bobot  4 = Puas

Bobot  3 = Cukup Puas

Bobot  2 = tidak  Puas

Bobot 1 = Sangat  tidak Puas

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dimensi  Kehandalan

Tabel 1

Frekuensi  terhadap profesionalisme dalam melayani konsumen

Jawaban

Bobot

Frekuensi

persentase

Nilai

Sangat Puas

5

2

5%

10

Puas

4

13

35%

52

Cukup Puas

3

8

31%

24

Tidak Puas

2

7

29%

14

Sangat tidak puas

1

0

0

0

jumlah

30

100%

100

Dari table di atas, maka dapat di ketahui bahwa dari 30 responden yang menyatakan sangat puas 2 orang dengan persentase 5%, yang menyatakan puas 13 orang dengan pesentase 35%, yang menyatakan cukup puas 8 orang dengan persentase 31% , yang menyatakan tidak puas  7 orang dengan persentase 29%.

 

Dimensi  Wujud

Tabel 2

Frekuensi  terhadap kebersihan dan kenyamanan ruangan

Jawaban

Bobot

Frekuensi

persentase

Nilai

Sangat Puas

5

4

10%

20

Puas

4

15

45%

60

Cukup Puas

3

6

25%

18

Tidak Puas

2

5

20%

10

Sangat tidak puas

1

0

0

0

jumlah

30

100%

108

Dari table di atas, maka dapat di ketahui bahwa dari 30 responden yang menyatakan sangat puas 4 orang dengan persentase 10%, yang menyatakan puas  15 orang dengan pesentase 45%, yang menyatakan cukup puas 6 orang dengan persentase 25% , yang menyatakan tidak puas  5 orang dengan persentase 20%.

 

 

 

 

 

Dimensi  Kecepatan

Tabel 3

Frekuensi terhadap kecepatan waktu penyajian

 

Jawaban

Bobot

Frekuensi

persentase

Nilai

Sangat Puas

5

2

5%

10

Puas

4

13

35%

52

Cukup Puas

3

7

29%

21

Tidak Puas

2

8

31%

16

Sangat tidak puas

1

0

0

0

jumlah

30

100%

99

Dari table di atas, maka dapat di ketahui bahwa dari 30 responden yang menyatakan sangat puas 2 orang dengan persentase 5%, yang menyatakan puas 13 orang dengan pesentase 35%, yang menyatakan cukup puas 7orang dengan persentase 29% , yang menyatakan tidak puas  8 orang dengan persentase 31%.

 

Dimensi Jaminan

Tabel 4

Frekuensi terhadap Gizi dan harga yang di berikan

Jawaban

Bobot

Frekuensi

persentase

Nilai

Sangat Puas

5

4

10%

20

Puas

4

20

65%

80

Cukup Puas

3

6

25%

18

Tidak Puas

2

0

0

0

Sangat tidak puas

1

0

0

0

jumlah

30

100%

118

Dari table di atas, maka dapat di ketahui bahwa dari 30 responden yang menyatakan sangat puas 4 orang dengan persentase 10%, yang menyatakan puas 20 orang dengan pesentase 65%, yang menyatakan cukup puas 6 orang dengan persentase 25% ,

 

 

 

 

 

Hasil penilaian

Dimensi

Nilai

Jaminan

118

Wujud

108

Kehandalan

100

Kecepatan

99

Dari data di atas , maka dapat sisimpulkan bahwa dimensi jaminan mempunyai nilai tertinggi ( peringkat 1) dengan nilai 118, dimensi Wujud  peringkat ke 2 dengan nilai 108, dimensi kehandalan menduduki   peringkat ke 3 dengan nilai 100, dan yang terakhir dimensi kecepatan dengan nilai 99.

 

BAB V

Kesimpulan dan Saran

5.1 Kesimpulan

Berdasarkan pengujian terhadap dimensi- dimensi pelayanan,  di antara dimensi  Kehandalan , wujud, kecepatan , dan jaminan.  Dimensi  jaminan lah yang dinilai terbaik dengan nilai Gizi dan harga  yang terjangkau.sedangkan dimensi kecepatan waktu pelayanan yang diberikan dinilai kurang memuaskan pelanggan. Seluruh dimensi tersebut di nilai baik serta dapat memuaskan pelanggan walaupaun ada sedikit ketidakpuasan yang dirasa oleh pelanggan.

5.2 Saran

Dari analisis yang telah dilakukan memang dari setiap dimens i yang di teliti oleh penulis menunjukan  tingkat kepuasan terhadap rumah makan padang sudah baik dan memuaskan pelanggan , pertahankan mutu yang sudah baik dalam hal pelayanan, fasilitas, manajemen, maupun produk yang di tawarkan agar mendapat citra yang lebih baik dari pelanggan.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s